Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Masinis KRL 2024, Apakah Besar?

GAJIKULI.COM - Gaji masinis KRL 2024 cukup penting untuk diketahui terlebih dahulu sebelum melamar kerja di perusahaan tersebut.

KRL adalah kepanjangan dari "Kereta Rel Listrik". KRL adalah sistem transportasi kereta api yang menggunakan tenaga listrik untuk beroperasi.

Kereta ini umumnya digunakan dalam layanan transportasi massal di perkotaan, seperti di sekitar wilayah metropolitan, untuk mengangkut penumpang dari satu tempat ke tempat lain dalam jarak yang relatif dekat. 

KRL biasanya memiliki rangkaian kereta yang terhubung satu sama lain dan beroperasi pada rel yang terpisah dari jalur kereta api jarak jauh.

Gaji Masinis KRL 

Masinis KRL adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan KRL (Kereta Rel Listrik) atau kereta komuter. 

Tugas mereka termasuk mengemudikan kereta dengan aman, memastikan kepatuhan terhadap jadwal, menjaga keamanan penumpang, serta mengambil tindakan darurat jika diperlukan. 

Masinis KRL harus memiliki pengetahuan yang baik tentang sistem kereta api, jalur rel, aturan keselamatan, dan prosedur operasional. 

Mereka juga harus mampu berkomunikasi dengan staf lain dan memberikan layanan yang baik kepada penumpang. Masinis KRL memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan dan efisiensi sistem transportasi kereta api perkotaan.

Berapa Gaji Masinis KRL 2024?

Dikutip dari beberapa sumber, gaji Masinis KRL kisaran Rp6-9 juta per bulan belum termasuk tunjangan dan fasilitas lainnya.

Beberapa tunjangan yang bisa diperoleh seperti uang makan, uang transport, bpjs kesehatan, dan lain sebagainya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya suatu pendapatan. Apabila jam terbangnya tinggi, maka penghasilannya semakin naik.

Selain itu, gaji juga menyesuaikan UMK setempat sebagai patokan standar minimum agar karyawan memperoleh pendapatan yang layak.

Masinis memiliki peran yang sangat penting dalam mengoperasikan kereta api, sehingga layak bila mendapatkan gaji besar.

Syarat Kerja Masinis KRL

Pada umumnya, persyaratan bekerja yang harus dipenuhi di antaranya:
  • Pendidikan Terakhir.
  • Pengalaman Kerja Sebelumnya.
  • Keahlian dan Kompetensi.
  • Surat Lamaran Kerja dan CV.
  • Surat lamaran kerja.
  • CV atau resume.
  • Foto.
  • Ijazah dan transkrip nilai.
Setiap perusahaan biasanya memberikan persyaratan yang tidak jauh berbeda. Untuk kualifikasi tertentu ada perbedaan tersendiri dan kalian bisa menyesuaikan.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai gaji Masinis KRL 2024, bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut.