Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Jaksa Agung 2024 Terbaru

GAJIKULI.COM - Berapa gaji Jaksa Agung 2024? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

Gaji menjadi salah satu faktor penting yang dinilai oleh orang-orang ketika ingin bekerja. Apabila sesuai, maka ia akan mengambil profesi tersebut.

Bagi yang penasaran mengenai penghasilan Jaksa Agung, simak informasinya hingga akhir!

Apa Itu Jaksa Agung?

Jabatan Jaksa Agung biasanya merujuk kepada posisi kepemimpinan tertinggi di departemen atau lembaga penegakan hukum di suatu negara. Sebagian besar negara memiliki posisi yang setara dengan Jaksa Agung, meskipun istilah yang digunakan mungkin berbeda-beda.

Jaksa Agung memiliki berbagai tanggung jawab, yang meliputi:
  • Pengawasan Penuntutan: Jaksa Agung bertanggung jawab atas pengawasan proses penuntutan pidana, termasuk menentukan kebijakan penuntutan dan mengawasi jaksa-jaksa di bawahnya.
  • Pengawasan Penegakan Hukum: Mereka juga memimpin penegakan hukum dalam negeri, bekerja sama dengan kepolisian dan lembaga penegak hukum lainnya untuk menegakkan undang-undang.
  • Perwakilan Pemerintah: Jaksa Agung seringkali merupakan perwakilan pemerintah di pengadilan, baik dalam kasus pidana maupun perdata yang melibatkan pemerintah.
  • Pemberian Nasihat Hukum: Mereka memberikan nasihat hukum kepada pemerintah dan badan-badan pemerintah lainnya tentang masalah hukum.
  • Perlindungan Hukum dan Kepentingan Publik: Salah satu fungsi utama Jaksa Agung adalah memastikan bahwa hukum ditegakkan dengan adil dan bahwa kepentingan masyarakat dilindungi.
Selain itu, dalam beberapa negara, Jaksa Agung juga memiliki kekuasaan untuk menetapkan kebijakan hukum, mengusulkan undang-undang, dan menyelidiki tindakan kriminal atau penyalahgunaan kekuasaan oleh pejabat pemerintah. 

Gaji Jaksa Agung 2024 

Memiliki tugas yang cukup penting, tentu pendapatan yang diperoleh juga tak main-main, apalagi jika untuk negara.

Dilansir dari beberapa sumber, gaji Jaksa Agung termasuk ke dalam golongan IV, yakni berkisar Rp3 juta hingga Rp5,5 juta per bulan.

Selain dari gaji pokok, Jaksa Agung diberikan tunjangan sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku bagi pegawai negeri.

Terkait gaji, sudah tidak perlu diragukan lagi bilamana bekerja sebagai pegawai negeri. Pendapatan yang diperoleh sudah pasti terjamin.

Demikian informasi mengenai gaji Jaksa Agung, semoga bermanfaat.