Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Cuci Kereta Api, Apakah Sesuai UMR?

 

GAJIKULI.COM - Gaji cuci kereta api cukup penting diketahui terlebih dahulu sebelum melamar kerja di perusahaan tersebut.

Menjadi karyawan di perusahaan Kereta Api Indonesia (KAI) adalah keinginan banyak orang. Baik itu sebagai pramugari, masinis, hingga tukang cuci.

Sebagai salah satu perusahaan BUMN, tentu karyawan yang bekerja di dalamnya akan memperoleh gaji yang layak.

Melihat sisi tukang cuci, kira-kira berapa penghasilan yang diperoleh? Yuk simak informasinya hingga akhir artikel.

Apa Itu Kereta Api?

Perusahaan kereta api adalah entitas bisnis yang bertanggung jawab atas operasi, pemeliharaan, dan pengelolaan jaringan kereta api serta layanan yang terkait. 

Mereka dapat beroperasi di tingkat lokal, regional, nasional, atau bahkan lintas negara, tergantung pada skala dan cakupan jaringan mereka. Perusahaan kereta api biasanya memiliki tanggung jawab untuk menyediakan transportasi penumpang dan barang, serta menjaga keamanan, ketepatan waktu, dan keandalan layanan kereta api.

Selain operasional, perusahaan kereta api juga terlibat dalam berbagai aspek, termasuk manajemen infrastruktur, pembelian armada kereta, pengembangan jadwal perjalanan, penjualan tiket, pemeliharaan sarana dan prasarana, pengaturan sistem keamanan, dan pengelolaan tenaga kerja.

Perusahaan kereta api bisa dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah, swasta, atau kemitraan antara sektor publik dan swasta. 

Di beberapa negara, terdapat satu perusahaan kereta api nasional yang mengelola hampir semua layanan kereta api di negara tersebut, sementara di tempat lain, ada beberapa operator kereta api yang bersaing untuk menyediakan layanan.

Gaji Cuci Kereta Api

Tukang cuci kereta api adalah pekerja yang bertanggung jawab membersihkan dan merawat kereta api. Mereka biasanya bekerja di depo atau fasilitas pemeliharaan kereta api. 

Tugas mereka meliputi mencuci eksterior kereta, membersihkan interior, mengganti pakaian tempat duduk, membersihkan kaca, dan melakukan perawatan kecil lainnya untuk memastikan kereta api tetap bersih dan dalam kondisi baik. 

Pekerjaan ini penting untuk menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan penumpang serta memperpanjang masa pakai kereta api.

Gaji pencuci kereta api kurang lebih kisaran Rp2,7 juta per bulan belum termasuk fasilitas dan tunjangan sepertu uang makan, uang trasport, dll.

Terkait penghasilan, biasanya karyawan akan memperoleh gaji sesuai UMR setempat. Seperti halnya untuk kawasan Jababeka, maka akan mendapatkan gaji sesuai UMK di Jababeka.

Selain tukang cuci kereta api, ada juga beberapa profesi lainnya seperti masinis, pramugari, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki gaji yang berbeda-beda antara satu sama lain.

Syarat Kerja Pencuci Kereta Api

Pada umumnya, persyaratan bekerja yang harus dipenuhi di antaranya:
  • Pendidikan Terakhir.
  • Pengalaman Kerja Sebelumnya.
  • Keahlian dan Kompetensi.
  • Surat Lamaran Kerja dan CV.
  • Surat lamaran kerja.
  • CV atau resume.
  • Foto.
  • Ijazah dan transkrip nilai.
Perlu diketahui, setiap perusahaan biasanya memberikan persyaratan yang tidak jauh berbeda. Untuk kualifikasi tertentu ada perbedaan tersendiri dan kalian bisa menyesuaikan.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai gaji cuci kereta api, bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut.