Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Anggota DPRD Kabupaten Pemalang

GAJIKULI.COM - Gaji anggota DPRD Kabupaten Pemalang berapa? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

Bicara mengenai gaji anggota DPRD, banyak dari mereka yang tertarik dengan posisi tersebut karena menawarkan pendapatan yang cukup besar.

Akan tetapi, untuk mendapatkan gaji DPRD Kabupaten juga harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Apa Itu Anggota DPRD Kabupaten?

Anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten adalah wakil rakyat yang dipilih melalui pemilihan umum untuk mewakili kepentingan masyarakat di tingkat kabupaten. 

DPRD merupakan lembaga legislatif di tingkat daerah yang memiliki tugas dan wewenang untuk membuat peraturan daerah, mengawasi kinerja pemerintah daerah, serta memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat di wilayah kabupaten.

Jumlah anggota DPRD Kabupaten bervariasi tergantung pada peraturan yang berlaku di masing-masing daerah, dan biasanya ditetapkan berdasarkan jumlah penduduk dan pembagian wilayah administratif kabupaten. 

Para anggota DPRD Kabupaten bertanggung jawab dalam menyuarakan aspirasi masyarakat, mengawasi kebijakan pemerintah daerah, mengajukan usul peraturan daerah, serta menjalankan fungsi legislasi dan pengawasan di tingkat kabupaten. Mereka juga berperan dalam proses pembahasan dan penetapan anggaran daerah.

Gaji Anggota DPRD Kabupaten Pemalang

Bicara mengenai pendapatan, terdapat rincian mulai dari gaji pokok hingga tunjangan yang diperoleh anggota DPRD.

Anggota DPRD Kabupaten Pemalang akan memperoleh gaji pokok sebesar Rp2,1 juta per bulan, yakni menyesuaikan UMK setempat.

Terdapat juga beberapa rincian dan tunjangan sebagai berikut:
  • Uang Representasi Rp1,5 juta
  • Uang paket DPRD Kabupaten Rp157 ribu
  • Tunjangan jabatan Rp2,2 juta
  • Tunjangan keluarga Rp220 ribu
  • Tunjangan transportasi Rp12 juta
  • Tunjangan alat kelengkapan RP91 ribu
  • Tunjangan Beras Rp289 ribu
  • Tunjangan reses Rp2,6 juta
  • Tunjangan rumah Rp15,5 juta

Gaji anggota DPRD Kabupaten Pemalang bisa mencapai Rp47 juta per bulan sudah termasuk potongan PPh 21 pajak penghasilan sebesar 15%.

Itulah informasi mengenai pendapatan yang diperoleh anggota DPRD. Melihat itu, apakah Anda tertarik?