Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Gaji Pencuci Kereta Api? Cek Sebelum Melamar!

GAJIKULI.COM - Berapa gaji pencuci kereta api? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

Tukang cuci kereta api adalah pekerja yang bertanggung jawab membersihkan dan merawat kereta api. Mereka biasanya bekerja di depo atau fasilitas pemeliharaan kereta api. 

Tugas mereka meliputi mencuci eksterior kereta, membersihkan interior, mengganti pakaian tempat duduk, membersihkan kaca, dan melakukan perawatan kecil lainnya untuk memastikan kereta api tetap bersih dan dalam kondisi baik. 

Pekerjaan ini penting untuk menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan penumpang serta memperpanjang masa pakai kereta api.

Gaji Pencuci Kereta Api

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai pendapatan seseorang ketika bekerja di sebuah perusahaan, salah satunya jabatan.

Seperti yang diketahui, terdapat posisi atau jabatan dari yang paling rendah hingga tertinggi. Semakin tinggi jabatannya, maka semakin besar gaji yang didapatkan.

Selain itu, gaji karyawan juga menyesuaikan nilai upah minimum setempat. Baik itu di Semarang, Bekasi, Jakarta, dan lain sebagainya.

Masing-masing wilayah memiliki nilai standar upah minimum yang berbeda sebagai patokan perusahaan untuk menggaji karyawannya dengan layak.

Gaji pencuci kereta api kurang lebih kisaran Rp2,5-3 juta per bulan belum termasuk fasilitas yang didapatkan seperti uang transport, uang makan, dll.

Syarat Kerja Tukang Cuci Kereta Api

Pada umumnya, persyaratan bekerja yang harus dipenuhi di antaranya:
  • Pendidikan Terakhir.
  • Pengalaman Kerja Sebelumnya.
  • Keahlian dan Kompetensi.
  • Surat Lamaran Kerja dan CV.
  • Surat lamaran kerja.
  • CV atau resume.
  • Foto.
  • Ijazah dan transkrip nilai.
Perlu diketahui, setiap perusahaan biasanya memberikan persyaratan yang tidak jauh berbeda. Untuk kualifikasi tertentu ada perbedaan tersendiri dan kalian bisa menyesuaikan.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai gaji pencuci kereta api, bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut.