Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji RT RW Desa 2024 Berapa? Cek Sebelum Melamar!

 

GAJIKULI.COM - Gaji RT RW Desa 2024 berapa? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

RT desa adalah sebuah singkatan yang merujuk kepada "Rukun Tetangga Desa". Rukun Tetangga Desa adalah organisasi yang bertugas mengatur kehidupan sosial di tingkat desa atau kelurahan. 

Organisasi ini bertugas menyelenggarakan kegiatan sosial, kebersihan, dan keamanan lingkungan. Anggota RT desa adalah penduduk yang tinggal dalam suatu RT (Rukun Tetangga). RT desa biasanya terdiri dari beberapa rukun warga (RW).

Sedangkan RW desa adalah singkatan dari "Rukun Warga Desa". Rukun Warga Desa adalah organisasi yang terdiri dari beberapa Rukun Tetangga (RT) dan bertugas mengatur kehidupan sosial, kebersihan, dan keamanan lingkungan di tingkat desa atau kelurahan. 

Biasanya, wilayah di bawah satu RW memiliki satu ketua RW yang bertanggung jawab atas koordinasi dan pengelolaan kegiatan di dalamnya. Jumlah RT dan RW dalam suatu desa atau kelurahan bisa bervariasi tergantung pada ukuran wilayah dan jumlah penduduk.

Baca Juga: Gaji Staf Ojk dan Jabatan Lainnya

Gaji RT RW Desa 2024

Menginjak tahun 2024, tentu ada perubahan gaji sebagai pengurus organisasi tingkat desa, khususnya untuk RT dan RW.

Mungkin banyak dari mereka yang penasaran dan ingin mengetahui berapa penghasilan yang diperoleh RT maupun RW.

Pendapatan yang diperoleh menyesuaikan beberapa faktor, seperti halnya berdasarkan luas wilayah, jumlah penduduk, dan lain-lain.

Selain itu, gaji RT/RW desa ditentukan berdasarkan anggaran dana daerah dari pemerintah desa, di dalamnya ada aturan terkait.

Dikutip dari beberapa sumber, gaji RT RW Desa yaitu kisaran Rp2 jutaan, pendapatan bisa lebih rendah ataupun tinggi sesuai kebijakan yang berlaku.

Keuntungan Menjadi Ketua RT/RW

Beberapa keuntungan yang didapat di antaranya:
  • Pengaruh Sosial: Sebagai tokoh masyarakat di tingkat RT atau RW, seorang ketua RT atau RW dapat memiliki pengaruh yang signifikan dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah desa, pembangunan lokal, dan kehidupan sosial di wilayah mereka.
  • Pengalaman Kepemimpinan: Mengurus RT atau RW membutuhkan keterampilan kepemimpinan, organisasi, dan koordinasi. Memegang posisi tersebut dapat membantu seseorang untuk mengembangkan keterampilan ini.
  • Pengakuan dan Penghargaan: Mengurus RT atau RW adalah pengabdian kepada masyarakat yang dapat diakui dan dihargai oleh warga. Ini juga bisa memberikan rasa kepuasan karena memberikan kontribusi positif untuk memperbaiki lingkungan tempat tinggal.
  • Kemudahan Akses: Sebagai ketua RT atau RW, seseorang biasanya memiliki akses lebih mudah ke berbagai layanan pemerintah, seperti akses ke kantor desa, pertemuan dengan pejabat desa, dan sumber daya lainnya.
  • Peluang Networking: Sebagai tokoh masyarakat, seorang ketua RT atau RW dapat mengembangkan jaringan sosial yang luas, yang dapat bermanfaat untuk berbagai tujuan, termasuk karir atau proyek pribadi.
  • Peningkatan Pendapatan: Di beberapa wilayah, jabatan ini dapat memberikan pendapatan tambahan sebagai insentif untuk bekerja sebagai tokoh masyarakat.
  • Kesempatan untuk Perubahan Positif: Sebagai ketua RT atau RW, seseorang memiliki kesempatan untuk membawa perubahan positif dalam kehidupan masyarakat, seperti meningkatkan kebersihan lingkungan, meningkatkan keamanan, dan merencanakan kegiatan sosial dan budaya.