Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji BPD Desa 2024, Naik Berapa Persen?

GAJIKULI.COM - Gaji BPD Desa 2024 berapa? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

BPD atau Badan Permusyawaratan Desa adalah lembaga kemasyarakatan di tingkat desa di Indonesia. BPD memiliki peran penting dalam mengelola urusan pemerintahan, mengoordinasikan kegiatan kemasyarakatan, serta menjadi wadah untuk partisipasi aktif dari masyarakat dalam pengambilan keputusan di tingkat desa.

Struktur BPD umumnya terdiri dari perwakilan warga masyarakat desa yang dipilih dalam musyawarah atau pemilihan di tingkat desa. 

Mereka memegang tanggung jawab untuk mewakili dan mengemban kepentingan masyarakat desa dalam proses pengambilan keputusan. 

Keberadaan BPD diharapkan dapat menguatkan partisipasi masyarakat dalam pemerintahan desa serta memajukan kehidupan berbagai sektor di tingkat pedesaan.

Gaji BPD Desa 2024

Penghasilan menjadi salah satu faktor penting yang harus diketahui terlebih dahulu karena tujuan utama dari orang bekerja ialah mendapatkan gaji.

Semakin tinggi jabatannya, maka akan memperoleh gaji yang semakin besar. Oleh sebab itu, kalian dapat mencari pekerjaan yang kiranya bisa memberikan kecukupan dari segi pendapatan.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai pendapatan dalam sebuah perusahaan atau kepengurusan daerah, masing-masing memiliki aturan dan kebijakan tersendiri.

Gaji BPD Desa mulai dari Rp2 jutaan menyesuaikan upah minimum wilayah setempat baik itu di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan lain sebagainya.

Pendapatan yang diperoleh belum termasuk fasilitas dan tunjangan lainnya yang diperoleh BPD selama menjabat.

Syarat Menjadi BPD Desa

Pada umumnya, persyaratan bekerja yang harus dipenuhi di antaranya:
  • Pendidikan Terakhir.
  • Pengalaman Kerja Sebelumnya.
  • Keahlian dan Kompetensi.
  • Surat Lamaran Kerja dan CV.
  • Surat lamaran kerja.
  • CV atau resume.
  • Foto.
  • Ijazah dan transkrip nilai.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai gaji BPD Desa 2024, bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari Akpol tersebut.