Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Linmas Pemilu 2024 Berapa? Cek Sebelum Mendaftar!

GAJIKULI.COM - Gaji linmas pemilu 2024 berapa? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

Linmas adalah singkatan dari "Perlindungan Masyarakat." Ini merujuk pada kelompok sukarelawan atau petugas keamanan yang bertugas untuk memberikan perlindungan, pengamanan, serta mengawasi keamanan lingkungan masyarakat dalam suatu wilayah atau area tertentu.

Tugas Linmas meliputi berbagai aktivitas, seperti menjaga ketertiban umum, membantu dalam mengawasi keamanan lingkungan, memberikan bantuan dalam situasi darurat, mengkoordinasikan evakuasi dalam bencana, dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait langkah-langkah keamanan.

Linmas biasanya bekerja sama dengan aparat keamanan seperti kepolisian dan instansi terkait lainnya untuk mendukung keamanan dan ketertiban di tingkat lokal. 

Mereka dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan, mulai dari pengamanan acara-acara publik, pengawasan lalu lintas, hingga penggalangan informasi terkait situasi keamanan di lingkungan setempat.

Perlindungan Masyarakat (Linmas) memiliki peran penting dalam mendukung keamanan dan ketertiban lingkungan, serta menjadi bagian dari upaya perlindungan sosial dan keamanan masyarakat. Keberadaan mereka sangat berarti dalam mengawal keamanan pada tingkat lokal atau komunitas.

Gaji Linmas Pemilu 2024

Banyak yang tertarik menjadi linmas menjelang pemilu, salah satunya karena faktor gaji. Kalian akan mendapatkan bayaran sesuai dengan kinerjanya.

Dikutip dari beberapa sumber, penghasilan linmas meningkat sebesar 150% dari sebelumnya, terutama untuk KPPS.

Khusus ketua PPK mereka akan diberikan honor Rp2,5 juta, kemudian anggota PPK Rp2,2 juta. Sekretaris PPK Rp1,85 juta dan anggota Sekretariat Rp1,3 juta.

Sedangkan Ketua KPPS honor pemilu dan pemilihan Rp1,2 juta, anggota KPPS Rp1,1 juta dan petugas ketertiban TPS Rp700 ribu.

Syarat Menjadi Linmas Pemilu 2024

Ada beberapa syarat yang mengharuskan kalian bisa menjadi anggota linmas pemilu 2024, salah satunya tingkat pendidikan. Untuk tingkat pendidikan sendiri minimal tamatan SMP/MTS.

Sementara untuk syarat lainnya bisa datang langsung ke pemerintahan setempat. Biasanya dari desa sudah merekomendasikan beberapa pihak yang bisa menjadi anggota linmas.

Pastikan mematuhi berbagai protokol dan peraturan yang berlaku bilamana sudah menjadi linmas dalam pemilu 2024 agar berjalan dengan lancar.

Demikian informasi mengenai gaji linmas pemilu 2024, bagi yang berminat segera mendaftarkan diri agar diterimas.