Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji BPD Desa Berapa? Cek Sebelum Melamar!

GAJIKULI.COM - Gaji BPD Desa berapa? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

BPD atau Badan Permusyawaratan Desa adalah lembaga kemasyarakatan di tingkat desa di Indonesia. BPD memiliki peran penting dalam mengelola urusan pemerintahan, mengoordinasikan kegiatan kemasyarakatan, serta menjadi wadah untuk partisipasi aktif dari masyarakat dalam pengambilan keputusan di tingkat desa.

Struktur BPD umumnya terdiri dari perwakilan warga masyarakat desa yang dipilih dalam musyawarah atau pemilihan di tingkat desa. 

Mereka memegang tanggung jawab untuk mewakili dan mengemban kepentingan masyarakat desa dalam proses pengambilan keputusan. 

Keberadaan BPD diharapkan dapat menguatkan partisipasi masyarakat dalam pemerintahan desa serta memajukan kehidupan berbagai sektor di tingkat pedesaan.

Gaji BPD Desa

Setelah mengetahui apa itu BPD? Banyak yang penasaran mengenai berapa penghasilan yang diperoleh terkait jabatan tersebut.

Penghasilan menjadi salah satu faktor penting yang harus diketahui terlebih dahulu karena tujuan utama dari orang bekerja ialah mendapatkan gaji.

Semakin tinggi jabatannya, maka akan memperoleh gaji yang semakin besar. Oleh sebab itu, kalian dapat mencari pekerjaan yang kiranya bisa memberikan kecukupan dari segi pendapatan.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai pendapatan dalam sebuah perusahaan atau kepengurusan daerah, masing-masing memiliki aturan dan kebijakan tersendiri.

Dikutip dari beberapa sumber, gaji BPD desa kisaran Rp1,5 juta per bulan belum termasuk tunjangan yang diberikan.

Syarat Menjadi Pegawai BPD Desa

Pada umumnya, persyaratan bekerja yang harus dipenuhi di antaranya:
  • Pendidikan Terakhir.
  • Pengalaman Kerja Sebelumnya.
  • Keahlian dan Kompetensi.
  • Surat Lamaran Kerja dan CV.
  • Surat lamaran kerja.
  • CV atau resume.
  • Foto.
  • Ijazah dan transkrip nilai.
Setiap perusahaan biasanya memberikan persyaratan yang tidak jauh berbeda. Untuk kualifikasi tertentu ada perbedaan tersendiri dan kalian bisa menyesuaikan.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai gaji BPD Desa, bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari Akpol tersebut.