Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji PNS Penjaga Tahanan, Cek Sebelum Melamar!

GAJIKULI.COM - Gaji PNS penjaga tahanan berapa? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

Penjaga tahanan adalah seorang petugas yang bertugas menjaga tahanan di lembaga pemasyarakatan atau sel tahanan. 

Tugas utama seorang penjaga tahanan adalah untuk memastikan keamanan, ketertiban, dan keselamatan di dalam lembaga pemasyarakatan serta menjaga tahanan agar tidak melarikan diri atau melakukan tindakan yang membahayakan diri sendiri, staf, atau tahanan lainnya.

Beberapa tanggung jawab kunci dari seorang penjaga tahanan meliputi:

  • Pengawasan Tahanan: Memantau aktivitas tahanan sepanjang waktu, termasuk tidur, makan, dan kegiatan harian lainnya.
  • Pemeriksaan Keamanan: Melakukan pemeriksaan rutin terhadap tahanan dan sel tahanan untuk memastikan tidak ada benda terlarang atau bahaya di dalamnya.
  • Pengawasan Kunjungan: Memantau kunjungan dari pengacara, keluarga, atau pihak lain yang diizinkan untuk melihat tahanan.
  • Penegakan Aturan: Menegakkan peraturan dan prosedur lembaga pemasyarakatan, serta memberikan sanksi jika tahanan atau penghuni sel melanggar aturan.
  • Kepemimpinan dalam Krisis: Bertindak sebagai pemimpin jika terjadi situasi darurat, seperti kerusuhan atau perkelahian di dalam lembaga pemasyarakatan, dan berusaha mengendalikannya.
  • Komunikasi: Berkomunikasi dengan tahanan untuk memahami masalah atau kebutuhan mereka yang tidak melanggar peraturan.
  • Laporan: Membuat laporan tentang aktivitas harian, insiden, atau perubahan dalam kondisi tahanan yang dapat mempengaruhi keamanan atau kebijakan lembaga pemasyarakatan.
  • Pelatihan: Terus-menerus menjalani pelatihan untuk memahami dan mengatasi tantangan yang mungkin timbul selama menjaga tahanan.

Seorang penjaga tahanan perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kepemimpinan, serta pemahaman tentang hukum dan etika dalam menjalankan tugasnya. 

Gaji PNS Penjaga Tahanan

Setiap profesi memiliki penghasilan yang berbeda, baik itu penjaga tahanan maupun profesi lainnya sesuai dengan apa yang orang-orang miliki saat ini.

Pada jenjang pendidikan SLTA atau SMA sederajat, Kemenkumham membuka formasi CPNS jabatan penjaga tahanan atau sipir penjara, baik pria maupun wanita di berbagai kantor wilayah. 

Gaji pegawai bagi yang berhasil lolos seleksi akan berada di kisaran Rp 5,71 juta hingga Rp 6,26 jutaan.

Sementara penjaga tahanan lulusan SMA akan masuk ke dalam golongan IIa. Maka, gaji pokok penjaga tahanan Kemenkumham lulusan SMA adalah Rp 2.022.200 - Rp 3.373.600. 

Perlu diketahui bahwa gaji tersebut merupakan gaji pokok. Belum termasuk tunjangan beserta fasilitas lainnya yang bisa diperoleh.

Syarat PNS Penjaga Tahanan

Setelah mengetahui gaji PNS Penjaga Tahanan, mungkin kalian tertarik untuk mendaftarnya. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut:
  • Usia minimal 18 tahun dna maksimal 28 tahun.
  • Belum pernah menikah.
  • Tidak buta warna, cacat fisik, tidak cacat mental, tidak bertato, tidak bertindik (laki-laki) dan mempunyai postur badan ideal dengan standar BMI antara 18-25 (tinggi badan laki-laki 160 cm dan perempuan 155cm).
  • Tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif.
  • Memiliki sertifikat bela diri/pelatihan satuan pengamanan.
  • Memiliki keahlian dalam pengoperasian komputer berupa sertifikat/ijazah minimal program Microsoft Office Telah memiliki ijazah dan transkrip Nilai ijazah rata-rata 7,00 9. Memiliki SIM A dan SIM C yang masih berlaku.
Itulah informasi mengenai gaji PNS penjaga tahanan, bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari profesi tersebut.