Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Pramugari Ada Gaji Pensiun?

 

GAJIKULI.COM - Apakah pramugari ada gaji pensiun? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

Pramugari menjadi salah satu profesi yang banyak diminati oleh orang-orang, salah satunya karena faktor gaji yang diperoleh cukup besar.

Orang-orang beranggapan bahwa kerja sebagai pramugari akan memperoleh penghasilan tinggi ditambah dengan fasilitas lainnya.

Tak heran jika banyak orang berbondong-bondong untuk melamar kerja sebagai pramugari. Akan tetapi, kalian harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku agar memperoleh pendapatan sesuai kebijakan yang berlaku.

Gaji Pramugari

Sebelum ke tahap apakah pramugari ada gaji pensiun. Berdasarkan maskapainya, berikut penghasilan pramugari berdasar maskapainya:

Garuda Indonesia

Garuda Indonesia adalah maskapai yang banyak dimintai oleh para pramugari, salah satunya karena faktor penghasilan yang tinggi.

Kalian akan memperoleh gaji kisaran Rp3-5 jutaan per bulan untuk status junior, sementara status senior bisa mencapai Rp8 jutaan.

Selain itu, ada tunjangan yang bisa diperoleh pramugari Garuda Indonesia, yakni kisaran Rp15 juta hingga Rp30 jutaan.

Super Air Jet

Gaji pramugari pesawat Super Air Jet kurang lebih kisaran 2-5 jutaan. Namun untuk tunjangannya bisa mencapai Rp14 jutaan.

Lion Air

Lion Air merupakan salah satu maskapai ternama di Indonesia yang memiliki rute tidak bisa dijangkau maskapai lain seperti Bima, Tarakan, Ternate, hingga Fak Fak.

Penghasilannya mulai dari Rp2 jutaan untuk junior, sementara pramugari berstatus senior kisaran Rp5-6 jutaan. Pramugari juga akan memperoleh tunjangan yang cukup besar kisaran Rp15-20 jutaan. 

Batik Air

Banyak para calon pramugari yang ingin bekerja di Batik Air karena gajinya yang cukup besar. Namun penghasilan semakin besar menyesuaikan dengan jam terbangnya.

Gaji pramugari di Batik Air mencapai Rp40 per jam dan ada uang tambahan makan sebesar RP15-45 ribu setiap harinya. 

Penerbangan di Batik Air sendiri rata-rata 6 jam, otomatis pramugari akan memperoleh gaji per hari kisaran Rp240 ribu belum termasuk tunjangan pokok yang bisa diperoleh kisaran RP7,5-10 jutaan.

Citilink

Citilink menjadi salah satu maskapai yang menyediakan layanan penerbangan domestik dengan harga terjangkau.

Pendapatan pramugari di Citilink yaitu berdasarkan gaji pokok, uang terbang, makan, hingga fasilitas pendukung lain.

Gaji pramugari pesawat di Citilink kisaran Rp2-3 juta untuk junior, sementara senior mencapai Rp5 jutaan belum termasuk tunjangan yang nilainya mencapai Rp20 jutaan.

Apakah Pramugari Ada Gaji Pensiun?

Batas maksimal usia bekerja sebagai pramugari ialah 36-40 tahun. Setelah itu, kalian sudah tidak bisa bekerja lagi dan tinggal menikmati gaji yang sudah didapatkan sebelumnya.

Terkait pensiunan, kalian akan memperoleh tunjangan hari tua atau dialihkan menjadi instruktur pramugari di perusahaan setempat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait profesi sebagai pramugari. Bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri.