Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Pendeta GBKP Berapa?

GAJIKULI.COM - Gaji Pendeta GBKP berapa? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

Gereja Batak Karo Protestan merupakan sebuah kelompok gereja Protestan di Indonesia yang terdiri dari Tanah Karo, Sumatera Utara dan melayani masyarakat Karo.

Berdiri pada 18 April 1890, sampai saat ini masih terus ada. Gereja tersebut didirikan oleh Prof. Dr. H. Kraemer.

Terkait GBKP, banyak yang tertarik mengenai penghasilan para pendeta yang bekerja di dalamnya, kira-kira besar atau tidak.

Gaji Pendeta GBKP

Dikutip dari YouTube Kristen Toleran, Pendeta Setyawan Mth menjawab terkait hal yang ditanyakan oleh orang-orang terkait penghasilannya.

Pendeta di Indonesia sendiri mendapatkan gaji per bulan selayaknya orang-orang bekerja pada umumnya, baik di perusahaan atau tempat lain.

Seorang pendeta digaji dengan sistem full atau tetap dan tidak tetap. Seperti halnya Gereja Kristen Indonesia, Gereja Kristen Jawa, hingga Gereja Batak Karo Protestan.

Gaji pendeta berbeda-beda, untuk pendeta yang bekerja full melayani jemaat akan memperoleh penghasilan kisaran Rp3 juta.

Namun ada juga yang memperoleh penghasilan lebih besar ataupun lebih kecil, biasanya menyesuaikan UMR daerah setempat.

Sementara pendeta yang tidak tetap memperoleh uang dari pelayanan atau persembahan. Seorang pendeta biasanya tidak mempersoalkan terkait penghasilannya karena fokus menjadi hamba Tuhan.

Itulah informasi mengenai gaji Pendeta GBKP yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terima kasih.