Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Lulusan SMK Pariwisata, Apakah Besar?

GAJIKULI.COM - Gaji lulusan SMK Pariwisata berapa? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

SMK Pariwisata merupakan salah satu jenjang pendidikan yang di dalamnya membuat pembelajaran tentang kepariwisataan.

Seperti yang diketahui, peluang untuk kerja di didang pariwisata kini semakin besar. Banyak munculnya wisata baru di berbagai daerah Indonesia.

Bagi yang berminat, kalian bisa menyiapkan diri sesuai dengan syarat dan ketentuan untuk melamar menjadi bagian dari perusahaan pariwisata.

Gaji Lulusan SMK Pariwisata

Berbicara tentang gaji, ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai pendapatan seperti jabatan atau posisi yang dilamar, tempat kerja, hingga kebijakan perusahaan itu sendiri.

Penghasilan lulusan SMK Pariwisata kurang lebih kisaran Rp4,5 jutaan, namun menyesuaikan tempat dimana kalian bekerja.

Biasanya, pendapatan akan menyesuaikan UMR daerah setempat. Seperti halnya di Semarang, kalian akan memperoleh gaji kisaran RP3 juta.

Selain itu, setiap pariwisata juga menawarkan gaji yang berbeda-beda seperti halnya wisata milik pemerintah ataupun swasta, ada perbedaan yang berpengaruh terhadap gaji.

Faktor Gaji Lulusan Pariwisata

Setelah mengetahui gaji lulusan SMK Pariwisata, kalian harus memahami beberapa faktor yang mempengaruhi nilai pendapatan di antaranya:
  • Jenis Pekerjaan
Dalam dunia industri pariwisata terdapat beragam jenis pekerjaan, mulai dari agen perjalanan, pemandu wisata, hingga manajer hotel. 

Jenis pekerjaan yang dilakukan akan mempengaruhi besaran gaji yang diterima dan memerlukan keahlian khusus di bidang tertentu.
  • Pengalaman Kerja
Apabila memiliki pengalaman kerja di bidang pariwisata, maka kalian akan mendapatkan nilai tambah. Semakin lama akan memperoleh gaji yang lebih besar.

Selain itu, pengalaman juga berpengaruh teradap penentuan promosi dan kenaikan pangkat yang dapat mempengaruhi nilai pendapatan.

  • Lokasi Kerja
Lokasi cukup berpengaruh terhadap nilai pendapatan seperti halnya di Jakarta, Bali, Yogyakarta, Semarang, dan lain sebagainya. Terkait lokasi, kalian bisa mendaftarkan diri di tempat terdekat.

Itulah informasi mengenai gaji lulusan SMK Pariwisata, bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri di perusahaan tersebut.