Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Presiden RI Perbulan Apakah Besar?

GAJIKULI.COM - Gaji Presiden RI per bulan berapa? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

Presiden Indonesia merupakan orang nomor satu yang menjadi pusat perhatian publik. Salah satu yang menjadikan orang-orang penasaran ialah besaran pendapatannya.

Banyak yang menganggap bahwa gaji presiden sangat besar, namun ada juga yang mengutarakan pendapatannya kecil.

Dikutip dari Zippia, Presiden Indonesia tidak menempati 10 besar gaji tertinggi, bahkan ia menempati peringkat 123.

Nominal pendapatannya yang selalu menjadi pertanyaan banyak orang karena gaji presiden cukup tertutup untuk kalangan publik.

Gaji Presiden RI Perbulan

Dalam UU No 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan Administratif Presiden dan Wakil Presiden, pendapatannya 6 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakilnya.

Sementara wakil presiden gajinya 4 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakilnya.

Seperti yang diketahui, gaji pejabat tinggi negara mendapatkan penghasilan kisaran Rp5.040.000 per bulannya, yakni pendapatan ketua DPR dan MPR.

Jika dihitung, gaji Presiden RI per bulan bisa mencapai Rp30,24 juta dengan perhitungan dikalikan 6 kali lipat. Sementara wakil presiden mencapai Rp20 jutaan.

Penghasilan per bulan presiden bisa dibilang besar dan sesuai dengan jabatannya sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Tunjangan

Selain gaji Presiden RI yang diperoleh, ada juga tunjangan yang diberikan dan nominalnya justru jauh lebih besar.

Besaran tunjangan Presiden ditetapkan sebesar Rp32,5 jutaan, sementara wakil presiden memperoleh tunjangan sebesar Rp22 jutaan.

Bila terhitung kotor, presiden akan memperoleh penghasilan sebesar RP62,7 juta per bulan. Sementara wakilnya mendapatkan gaji Rp42 jutaan.

Jika dibandingkan dengan negara tetangga, penghasilan presiden di Indonesia terbilang lebih kecil. Seperti halnya Malaysia dengan pendapatan yang mencapai Rp3,7 miliar per bulan.

Kesimpulan

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gaji presiden RI perbulan. Bagi yang penasaran sekarang sudah mengetahui jawabannya.