Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Pramugari Pesawat di Indonesia

 

GAJIKULI.COM - Gaji pramugari pesawat di Indonesia banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

Pramugari merupakan kru kabin baik perempuan ataupun laki-laki yang memiliki tugas berkaitan dengan pelayanan penumpang seperti menyampaikan pengumuman, mengantar makanan, hingga memprioritaskan keselamatan.

Profesi pramugari terdiri dari beberapa macam, salah satunya ialah mereka yang bekerja di Pesawat. Bagi yang pernah naik pesawat mungkin sudah tidak asing lagi.

Terkait pendapatannya, biasanya menyesuaikan dengan kebijakan dari maskapai itu sendiri. Ada banyak sekali jenis maskapai di Indonesia.

Gaji Pramugari Pesawat di Indonesia 

Berdasarkan maskapainya, berikut informasi mengenai penghasilan pramugari:

Garuda Indonesia

Garuda Indonesia adalah maskapai yang banyak dimintai oleh para pramugari, salah satunya karena faktor penghasilan yang tinggi.

Kalian akan memperoleh gaji kisaran Rp3-5 jutaan per bulan untuk status junior, sementara status senior bisa mencapai Rp8 jutaan.

Selain itu, ada tunjangan yang bisa diperoleh pramugari Garuda Indonesia, yakni kisaran Rp15 juta hingga Rp30 jutaan.

Super Air Jet

Gaji pramugari pesawat Super Air Jet kurang lebih kisaran 2-5 jutaan. Namun untuk tunjangannya bisa mencapai Rp14 jutaan.

Lion Air

Lion Air merupakan salah satu maskapai ternama di Indonesia yang memiliki rute tidak bisa dijangkau maskapai lain seperti Bima, Tarakan, Ternate, hingga Fak Fak.

Penghasilannya mulai dari Rp2 jutaan untuk junior, sementara pramugari berstatus senior kisaran Rp5-6 jutaan. Pramugari juga akan memperoleh tunjangan yang cukup besar kisaran Rp15-20 jutaan. 

Batik Air

Banyak para calon pramugari yang ingin bekerja di Batik Air karena gajinya yang cukup besar. Namun penghasilan semakin besar menyesuaikan dengan jam terbangnya.

Gaji pramugari di Batik Air mencapai Rp40 per jam dan ada uang tambahan makan sebesar RP15-45 ribu setiap harinya. 

Penerbangan di Batik Air sendiri rata-rata 6 jam, otomatis pramugari akan memperoleh gaji per hari kisaran Rp240 ribu belum termasuk tunjangan pokok yang bisa diperoleh kisaran RP7,5-10 jutaan.

Citilink

Citilink menjadi salah satu maskapai yang menyediakan layanan penerbangan domestik dengan harga terjangkau.

Pendapatan pramugari di Citilink yaitu berdasarkan gaji pokok, uang terbang, makan, hingga fasilitas pendukung lain.

Gaji pramugari pesawat di Citilink kisaran Rp2-3 juta untuk junior, sementara senior mencapai Rp5 jutaan belum termasuk tunjangan yang nilainya mencapai Rp20 jutaan.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa penghasilan pramugari dari setiap maskapai tidak sama, begitu juga dengan tunjangannya.