Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Pramugari Kereta Api di Indonesia

GAJIKULI.COM - Berapa gaji pramugari kereta api di Indonesia? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya. 

Pramugari merupakan kru kabin baik perempuan ataupun laki-laki yang memiliki tugas berkaitan dengan pelayanan penumpang seperti menyampaikan pengumuman, mengantar makanan, hingga memprioritaskan keselamatan.

Sesuai dengan profesinya, pramugari kereta api berarti bekerja di bidang tersebut. Salah satu tugasnya ialah melayani penumpang kereta api jarak jauh. 

Meski terlihat mudah, namun pekerjaan ini harus tepat waktu dilakukan. Pramugari harus sudah berada di stasiun dan melakukan pengecekan bahwasanya kondisi sudah aman.

Gaji Pramugari Kereta Api di Indonesia

Dikutip dari berbagai sumber, gaji pokok pramugari per bulan kisaran Rp4 jutaan tergantung dari posisi yang dilamar.

Pekerja akan memperoleh tunjangan kinerja yang mencapai Rp3 juta beserta insentif biaya perawatan mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp2 jutaan.

Selain itu, pendapatan juga dipengaruhi oleh faktor UMR daerah setempat. Masing-masing wilayah memiliki nilai UMR yang berbeda.

Bukan itu saja, pendapatan yang diperoleh juga menyesuaikan masa lama kerja, semakin lama orang tersebut maka penghasilannya akan lebih besar.

Gaji pramugari KAI:
  • Pramugari Junior Rp4,5 juta - Rp7 juta
  • Pramugari Senior Rp5,5 juta - Rp8 juta
  • Pramugari Lead Rp7,5 juta - Rp10 juta

Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api

Setelah mengetahui gaji pramugari kereta api Indonesia, mungkin kalian minat untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut:
  • Warga Negara Indonesia
  • Usia minimal 18 maksimal 28 tahun
  • Minimal ijazah SMA atau sederajat
  • Berat badan dan tinggi badan proporsional
Apabila persyaratan sudah sesuai, maka tinggal mengajukan lamaran pekerjaan kepada pihak perusahaan terkait.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai gaji pramugari kereta api Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa pendapatan yang diperoleh pramugari sudah sangat layak sesuai nominal yang tertera di atas.