Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Slip Gaji Karyawan, Pekerja Wajib Tahu!

GAJIKULI.COM - Contoh slip gaji karyawan seperti apa? Pekerja wajib mengetahuinya supaya tidak asing ketika sudah memasuki dunia kerja.

Slip gaji merupakan dokumen yang biasa diterima pegawai setelah mendapatkan penghasilan. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi secara rinci atas pekerjaan yang telah dilakukan.

Dokumen tersebut diberikan rutin setiap sebulan sekali, pihak perusahaan wajib memberikannya karena sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 78 tahun 2015.

Akan tetapi, masih ada yang bingung terkait bagaimana rincian gaji yang diberikan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kalian untuk memahaminya.

Format Slip Gaji

Sebelum ke tahap contoh slip gaji karyawan, sangat penting bagi kalian untuk mengetahui formatnya terlebih dahulu sebagai berikut:

Nama Perusahaan

Slip gaji memuat nama perusahaan sebagai komponen utama yang berfungsi untuk memastikan bila perusahaan yang membuat dokumen tersebut.

Menyatakan Kerahasiaan Dokumen

Terdapat kejelasan yang menegaskan tentang kerahasiaan dari slip gaji, yakni berupa kaliman "Private and Condfindential". Hal tersebut bertujuan bahwa dokumen tersebut rahasia, yakni ada nama karyawan yang tertera di dalamnya dan hanya ia yang boleh mengetahuinya.

Tanggal Pembayaran dan Data

Contoh slip gaji harus memuat tanggal pembayaran beserta data dari pegawai itu sendiri. Untuk data bisa berupa nama, nomor pegawai, hingga nomor NPWP.


Besarnya Nominal Gaji

Hal yang paling penting dari slip penghasilan ialah nominal atau besaran penghasilan beserta potongan yang ada di dalamnya.

Isinya berupa penghasilan meliputi gaji pokok, tunjangan, beserta intensitas lain. Sementara untuk ptoongan meliputi premi kesehatan BPJS, saving plan karyawan, dan lain sebagainya.

Keterangan Pembayaran

Hal penting yang harus dipahami selanjutnya ialah keterangan lengkap pembayaran. Komponen yang satu ini berisi penghasilan tahun berjalan sebelum dikurangi pajak, penghasilan sesudah dikuraing pajak, hingga pajak bulan berjalan.

Contoh Slip Gaji

1. Slip Gaji Karyawan 


2. Slip Gaji Sederhana


3. Slip Gaji Simpel

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai contoh slip gaji karyawan, jika masih belum memahaminya, kalian bisa mencoba bekerja di perusahaan dan nantinya akan memperoleh dokumen tersebut.