Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Dosen Swasta Berapa? Cek Sebelum Melamar Kerja!

GAJIKULI.COM - Gaji dosen swasta berapa? Pastinya banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya.

Dosen menjadi salah satu profesi yang diminati oleh banyak orang, salah satunya karena faktor gaji yang cukup besar nilainya.

Setiap dosen akan memperoleh pendapatan yang berbeda-beda menyesuaikan dengan kebijakan perguran tinggi setempat beserta faktor lainnya.

Sesuai dengan tingkat kesulitan mendaftar kerja sebagai dosen, profesi yang satu ini membutuhkan persyaratan khusus yang lumayar rumit.

Gaji Dosen Swasta

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai pendapatan dosen, salah satunya menyesuaikan upah minimum provinsi daerah setempat.

Seperti halnya dosen yang bekerja di perguruan tinggi yang ada di Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan lain sebagainya.

Seperti halnya gaji dosen swasta di Jakarta kisaran Rp4,6 jutaan, maka berbeda dengan penghasilan yang ada di wilayah lainnya.

Selain itu, setiap kampus yang menanganinya juga berbeda-beda dalam menawarkan gaji kepada para dosen. 

Apalagi jika perguruan tinggi tersebut masih berstatus swasta, biasanya penghasilannya dipengaruhi beberapa faktor yang mutlak sesuai kebijakan universitas.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi pelamar kerja untuk mengetahui informasinya terlebih dahulu supaya tidak kecewa ketika sudah mendaftar.

Tunjangan 

Selain gaji dosen swasta yang bisa diperoleh, ada juga beberapa tunjangan yang bisa didapatkan di antaranya:
  • Tunjangan Profesi
Tunjangan yang satu ini berlaku untuk dosen yang mempunyai sertifikat pendidik, jumlah tunjangannya yaitu satu kali gaji pokok.
  • Tunjangan Khusus
Jenis tunjangan yang satu ini hanya diberikan pada dosen yang sedang menjalani penugasan di suatu daerah, besaran tunjangan tersebut sama dengan tunjangan profesi, yakni satu kali gaji pokok.
  • Tunjangan Kehormatan
Jenis tunjangan tersebut berlaku hanya pada dosen yang mempunyai jabatan sebagai akademik profesor, jumlahnya dua kali gaji pokok.
  • Tunjangan Tugas Tambahan
Biasanya ada tugas tambahan yang diberikan oleh perguruan tinggi, mereka yang mendapatkan tugas tertentu akan memperoleh tunjangan tambahan. Seperti halnya rektor, pembantu rektor, dekan, direktur politeknik, hingga pembantu direktur.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai gaji dosen swasta beserta tunjangannya. Bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri di universitas yang diinginkan.