Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Pegawai BUMN 2023, Cek Dulu Sebelum Mendaftar!

GAJIKULI.COM - Gaji pegawai BUMN 2023 berapa? Wajib cek terlebih dahulu sebelum memutuskan menjadi pegawai negeri.

Berbicara tentang gaji, pastinya semua orang menginginkan penghasilan yang tinggi. Namun untuk mendapatkannya juga tidak semudah yang dibayangkan.

Kalian harus mencari terlebih dahulu perusahaan yang ingin dituju, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Dengan gaji yang mencukupi, maka akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan atau keperluan lainnya bagi pekerja itu sendiri.

Gaji Pegawai BUMN 

BUMN (Badan Usaha Milik Neara) atau PNS (Pegawai Negeri Sipil) merupakan salah satu profesi yang banyak diminati oleh orang-orang.

Salah satunya karena faktor gaji yang sudah dijamin oleh negara. Sehingga tidak perlu khawatir akan pendapatan yang diperolehnya.

Bagi yang ingin menjadi pegawai BUMN, pastikan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku agar diterima bekerja. 

BUMN dengan PNS saat ini berbeda terkait gajinya, yakni tidak lagi disamakan sesuai peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan.

Adapun keunggulan dengan bekerja sebagai BUMN yaitu sudah memperoleh tunjangan dari program BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, pekerja akan memperoleh jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, hingga jaminan kematian.

Kalian bisa bekerja sebagai karyawan BUMN di mana saja seperti Pertamina, Pajak, dan perusahaan lainnya.

Berapa Gaji Karyawan BUMN?

Gaji pegawai BUMN kurang lebih kisaran Rp3 juta lebih per bulan hingga ratusan juta, namun menyesuaikan beberapa faktor terkait pendapatan karyawan.

Pendapatan karyawan BUMN kebanyakan sudah di atas UMR daerah setempat. Seperti yang diketahui, masing-masing wilayah memiliki nilai upah minimum yang berbeda.

Seperti halnya di wilayah Jakarta, Semarang, Jogja, Surabaya, dan lain sebagainya. Masing-masing nilai UMK nya berbeda-beda. Pendapatannya menyesuaikan lokasi kerja yang kalian tempati.

Selain itu, penghasilan karyawan BUMN juga menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan itu sendiri. Masing-masing menawarkan gaji yang berbeda sesuai dengan kinerja yang dilakukan.

Berikut contoh daftar gaji pegawai BUMN beserta profesinya:
  • Product Manager Telkom Rp88 jutaan
  • Strategic Investment Manager Telkom Rp58 jutaan
  • Senior Manager Telkom Rp39 jutaan
  • Staf Telkom RP8 jutaan
  • Manager Bank Mandiri Rp27 jutaan
  • Auditor Bank Mandiri Rp10 jutaan
  • Frontliner Bank Mandiri Rp3 jutaan
  • Engineer Pertamina Rp30 jutaan
  • Analis Pertamina Rp37 jutaan
  • Manager Pertamina Rp15 jutaan
  • Dst

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai gaji pegawai BUMN, bagi yang berminat ingin menjadi pegawai negeri bisa mendaftarkan diri ke perusahaan tersebut.